MEMBERITAKAN INJIL
MATIUS
28;16-20
Matius 28:16 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea,
ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. 28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya,
tetapi beberapa orang ragu-ragu. 28:18 Yesus
mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di
sorga dan di bumi. 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua
bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 28:20 dan
ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan
ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
Pertanyaannya:
Apa itu Gereja dan Misi ?
Jawaban: Banyak orang memandang Gereja sebagai gedung. Ini bukanlah pengertian Alkitab mengenai Gereja.
- Kata Gereja berasal dari kata dalam bahasa Yunani “Ekklesia” yang didefinisikan sebagai “perkumpulan” atau “orang-orang yang dipanggil keluar. ” Akar kata ”Gereja” tidak berhubungan dengan gedung, tetapi dengan orang.
- Menjadi ironis bahwa saat Saudara bertanya kepada orang mereka pergi ke gereja mana?, biasanya mereka akan mengatakan Bukit Hermon, Baptis, Metodis,HKBP, GBI atau denominasi lainnya. Seringkali mereka merujuk pada denominasi atau pada suatu bangunan.
- Roma 16:5 berkata, “Salam juga kepada jemaat di rumah mereka...” Paulus merujuk pada Gereja di rumah mereka, bukan pada gedung gereja, namun kumpulan orang-orang percaya.
- Gereja itu tubuh Kristus Efesus 1:22-23 mengatakan, “Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.”
- Tubuh Kristus terdiri dari semua orang percaya, mulai dari Pentakosta sampai Pengangkatan. Tubuh Kristus terdiri dari dua aspek:
(1) Gereja universal/sedunia, yaitu Gereja yang terdiri dari semua orang yang memiliki hubungan pribadi dengan Yesus Kristus. 1 Korintus 12:13-14 mengatakan “Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.”
Kita melihat bahwa siapa pun yang percaya langsung menjadi bagian dari tubuh Kristus. Gereja Tuhan yang sebenarnya bukanlah bangunan gereja atau denominasi tertentu. Gereja Tuhan yang universal/sedunia adalah semua orang yang telah menerima keselamatan melalui iman di dalam Yesus Kristus.
(2) Gereja lokal digambarkan dalam Galatia 1:1-2, “Dari Paulus, seorang rasul, ... dan dari semua saudara yang ada bersama-sama dengan aku, kepada jemaat-jemaat di Galatia.”
Di sini kita melihat bahwa di propinsi Galatia saat itu ada banyak gereja – apa yang kita sebut sebagai gereja lokal. Gereja Baptis, gereja Lutheran, gereja Katolik, dan sebagainya bukanlah gereja sebagaimana Gereja universal, namun hanyalah gereja lokal.
- Gereja universal/sedunia terdiri dari mereka-mereka yang telah percaya pada Yesus untuk keselamatan mereka.
Secara ringkas, gereja bukanlah bangunan atau denominasi.
- Menurut Alkitab, gereja itu Tubuh Kristus – setiap mereka yang telah menempatkan iman kepada Yesus Kristus untuk keselamatannya (Yohanes 3:16; 1 Korintus 12:13). Dalam gereja-gereja lokal terdapat anggota-anggota dari Gereja universal/sedunia (Tubuh Kristus).
Jawaban: Banyak orang memandang Gereja sebagai gedung. Ini bukanlah pengertian Alkitab mengenai Gereja.
- Kata Gereja berasal dari kata dalam bahasa Yunani “Ekklesia” yang didefinisikan sebagai “perkumpulan” atau “orang-orang yang dipanggil keluar. ” Akar kata ”Gereja” tidak berhubungan dengan gedung, tetapi dengan orang.
- Menjadi ironis bahwa saat Saudara bertanya kepada orang mereka pergi ke gereja mana?, biasanya mereka akan mengatakan Bukit Hermon, Baptis, Metodis,HKBP, GBI atau denominasi lainnya. Seringkali mereka merujuk pada denominasi atau pada suatu bangunan.
- Roma 16:5 berkata, “Salam juga kepada jemaat di rumah mereka...” Paulus merujuk pada Gereja di rumah mereka, bukan pada gedung gereja, namun kumpulan orang-orang percaya.
- Gereja itu tubuh Kristus Efesus 1:22-23 mengatakan, “Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.”
- Tubuh Kristus terdiri dari semua orang percaya, mulai dari Pentakosta sampai Pengangkatan. Tubuh Kristus terdiri dari dua aspek:
(1) Gereja universal/sedunia, yaitu Gereja yang terdiri dari semua orang yang memiliki hubungan pribadi dengan Yesus Kristus. 1 Korintus 12:13-14 mengatakan “Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.”
Kita melihat bahwa siapa pun yang percaya langsung menjadi bagian dari tubuh Kristus. Gereja Tuhan yang sebenarnya bukanlah bangunan gereja atau denominasi tertentu. Gereja Tuhan yang universal/sedunia adalah semua orang yang telah menerima keselamatan melalui iman di dalam Yesus Kristus.
(2) Gereja lokal digambarkan dalam Galatia 1:1-2, “Dari Paulus, seorang rasul, ... dan dari semua saudara yang ada bersama-sama dengan aku, kepada jemaat-jemaat di Galatia.”
Di sini kita melihat bahwa di propinsi Galatia saat itu ada banyak gereja – apa yang kita sebut sebagai gereja lokal. Gereja Baptis, gereja Lutheran, gereja Katolik, dan sebagainya bukanlah gereja sebagaimana Gereja universal, namun hanyalah gereja lokal.
- Gereja universal/sedunia terdiri dari mereka-mereka yang telah percaya pada Yesus untuk keselamatan mereka.
Secara ringkas, gereja bukanlah bangunan atau denominasi.
- Menurut Alkitab, gereja itu Tubuh Kristus – setiap mereka yang telah menempatkan iman kepada Yesus Kristus untuk keselamatannya (Yohanes 3:16; 1 Korintus 12:13). Dalam gereja-gereja lokal terdapat anggota-anggota dari Gereja universal/sedunia (Tubuh Kristus).
Arti Gereja
Kata gereja dalam bahasa "portugis"Igreya" yang artinya: kawanan domba yang dikumpulkan seorang gembala". Dan dalam bahasa yunani dipakai kata "ekklesia" yang terdiri dari dua suku kata yaitu "Eks" artinya keluar dan "klesia" artinya dipanggil. Jadi Ekklesia adalah orang yang dipanggil keluar dari kegelapan (sifat duniawi) untuk bersekutu di dalam terang Tuhan yang ajaib ( baca 1 Petrus 19)2 :. Mereka dipanggil keluar dari dunia ini berarti meninggalkan sifat duniawi dan mengenakan manusia baru untuk kemudian diutus kembali ke dalam dunia untuk memberitakan pengabaran Injil(Yohanes 15:18-19). Orang yang pertama sekali dipanggil keluar dari dunia kegelapan dan diberi kuasa untuk memberitakan kabar baik tentang karya penyelamatan Allah sehingga banyak orang percaya adalah murud-murid Yesus (Matius 4:18,22;10:1-4).
Kata gereja dalam bahasa "portugis"Igreya" yang artinya: kawanan domba yang dikumpulkan seorang gembala". Dan dalam bahasa yunani dipakai kata "ekklesia" yang terdiri dari dua suku kata yaitu "Eks" artinya keluar dan "klesia" artinya dipanggil. Jadi Ekklesia adalah orang yang dipanggil keluar dari kegelapan (sifat duniawi) untuk bersekutu di dalam terang Tuhan yang ajaib ( baca 1 Petrus 19)2 :. Mereka dipanggil keluar dari dunia ini berarti meninggalkan sifat duniawi dan mengenakan manusia baru untuk kemudian diutus kembali ke dalam dunia untuk memberitakan pengabaran Injil(Yohanes 15:18-19). Orang yang pertama sekali dipanggil keluar dari dunia kegelapan dan diberi kuasa untuk memberitakan kabar baik tentang karya penyelamatan Allah sehingga banyak orang percaya adalah murud-murid Yesus (Matius 4:18,22;10:1-4).
Selain kata Ekklesia
dalam bahasa Yunani yang berarti Gereja yaitu "Kuraikon" artinya
milik Tuhan dan kata Kuraika yang berarti rumah Tuhan. Sedangkan menurut 1
Korintus 3:16, gereja bukanlah bangunannya, bukan tempat, melainkan manusianya
yang mengadakan persekutuan memuji dan memuliakan Tuhan
Dari beberapa penjelasan diatas maka dapat kita simpulkan hakekat dari Gereja yaitu: Gereka bukan bangunannya, bukan tempatnya berkumpul atau kebaktian orang kristen sebagaimana yang dipahami banyak orang. Melainkan gereja adalah persekutuan orang yang percaya dan beriman kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamatnya sekarang dan masa yang akan datang samapai kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya, maka orang yang percaya kepada Yesus Kristus dipanggil keluar dari dunia kegelapan kepada terang Kristus untuk bersekutu memuji dan memuliakan Tuhan dirumah milikNya.
Dari beberapa penjelasan diatas maka dapat kita simpulkan hakekat dari Gereja yaitu: Gereka bukan bangunannya, bukan tempatnya berkumpul atau kebaktian orang kristen sebagaimana yang dipahami banyak orang. Melainkan gereja adalah persekutuan orang yang percaya dan beriman kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamatnya sekarang dan masa yang akan datang samapai kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya, maka orang yang percaya kepada Yesus Kristus dipanggil keluar dari dunia kegelapan kepada terang Kristus untuk bersekutu memuji dan memuliakan Tuhan dirumah milikNya.
Nas : Mat
28:18
Umat Allah dijanjikan wewenang dan kuasa untuk
memberitakan Injil di seluruh dunia (ayat Mat 28:19-20).
Tetapi mula-mula mereka harus menaati perintah Yesus untuk menantikan janji
Bapa yaitu kuasa Roh Kudus pada hari Pentakosta. Kita tak dapat berharap bahwa
kuasa yang dijanjikan dalam Kis 1:8 akan
menyertai kepergian kita kepada semua bangsa dengan Injil bila kita tidak
bersedia mengikuti pola Kis 1:4 (lih. Luk 24:47-49; Kis 1:8; 2:4).
Mat 28:19 - PERGILAH ... JADIKANLAH ... MURID-KU DAN BAPTISLAH. Kata-kata ini merupakan Amanat Agung Kristus kepada semua pengikut-Nya dari setiap angkatan. Amanat ini menyatakan sasaran, tanggung jawab, dan penugasan gereja dalam tugas misionernya.
- Gereja harus pergi ke seluruh dunia untuk memberitakan Injil kepada semua orang sesuai dengan penyataan PB tentang Kristus dan ajaran para rasul-Nya (lihat cat. --> Ef 2:20).Tugas ini termasuk kewajiban utama yaitu mengirim utusan gerejani ke setiap bangsa (Kis 13:1-4).
- Injil yang diberitakan berpusat pada "pertobatan dan pengampunan dosa" (Luk 24:47), janji penerimaan "karunia Roh Kudus" (Kis 2:38) dan nasihat untuk memisahkan diri dari angkatan yang jahat ini (Kis 2:40) sambil menantikan kedatangan Kristus dari sorga (Kis 3:19-20; 1Tes 1:10).
- Tujuan pemberitaan Injil ini adalah untuk memuridkan mereka yang akan menaati semua perintah Kristus. Inilah satu-satunya perintah langsung dalam ayat ini. Kristus tidak bermaksud bahwa penginjilan dan kesaksian para utusan gerejani hanya menghasilkan keputusan untuk bertobat. Tenaga rohani jangan diarahkan hanya untuk memperbanyak jumlah anggota gereja, tetapi untuk memuridkan mereka yang bersedia memisahkan diri dari dunia ini, menaati perintah-perintah Kristus serta mengikut Dia dengan segenap hati, pikiran, dan kehendak mereka (bd. Yoh 8:31).
- Selanjutnya, perlu diperhatikan bahwa Kristus memerintahkan kita untuk memusatkan perhatian pada menjangkau pria dan wanita yang terhilang dan bukan untuk mengkristenkan masyarakat atau menguasai dunia ini. Orang yang percaya harus meninggalkan sistem dunia yang jahat ini serta memisahkan diri dari kebejatannya (Rom 13:12; 2Kor 6:14;
Konsep mengenai pemisahan dari yang jahat ini adalah dasar dalam hubungan Allah dengan umat-Nya. Menurut Alkitab, pemisahan itu meliputi dua dimensi -- yang satu negatif dan yang lain positif:
[ 1] Memisahkan dirimu secara moral dan rohani
dari dosa dan dari segala sesuatu yang bertentangan dengan Yesus Kristus,
kebenaran, dan Firman Allah;
[ 2 ] Mendekatkan diri kepada Allah dalam suatu
persekutuan yang akrab dan intim melalui penyerahan diri, penyembahan, dan
pelayanan. Pemisahan dalam pengertian ganda ini menghasilkan suatu hubungan di
mana Allah menjadi Bapa sorgawi kita yang hidup bersama kita sebagai Allah
kita, dan sebaliknya kita menjadi anak-anak-Nya laki-laki dan anak-anak-Nya
perempuan (2Kor 6:16-18) sambil
menyingkapkan kejahatannya (Ef 5:11).
- Mereka yang percaya kepada Kristus dan Injil-Nya harus "dibaptis" dalam air. Upacara ini menyatakan bahwa mereka berikrar untuk meninggalkan semua kedursilaan, dunia, dan perangai yang berdosa, dan dengan terang-terangan mengabdi kepada Kristus dan maksud kerajaan-Nya (lihat cat. --> Kis 22:16 atau Kis 22:16.
6. Kristus akan senantiasa
mendampingi para pengikut-Nya yang taat melalui kehadiran dan kuasa Roh Kudus
(bd. ayat Mat 28:20; 1:23; Mat 18:20). Setelah mereka "diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat
tinggi" barulah mereka harus pergi kepada semua bangsa dan bersaksi (Luk 24:49; lihat cat. --> Kis 1:8 atau ref. Kis 1:8
Mat 28:20 - AKU MENYERTAI KAMU.
Nas : Mat 28:20
Janji
ini merupakan jaminan Kristus bagi mereka yang terlibat dalam menjangkau
jiwa-jiwa yang terhilang dan mengajar mereka untuk menaati prinsip-prinsip-Nya
yang benar. Yesus sudah bangkit dan kini Dia hidup serta secara pribadi
memperhatikan setiap anak-Nya. Ia menyertai saudara di dalam diri Roh Kudus (Yoh 14:16,26) dan
melalui Firman-Nya (Yoh 14:23).
Bagaimanapun keadaan saudara -- lemah, miskin, rendah, tampaknya tidak penting
-- Ia memperdulikan saudara, memperhatikan setiap pencobaan dan pergumulan yang
saudara alami dalam kehidupan ini dan memberikan kasih karunia yang memadai (2Kor 12:9) serta
menyertai dan menuntun saudara pulang ke rumah Bapa (Mat 18:20; Kis 18:10).
Inilah jawaban orang Kristen terhadap semua bentuk ketakutan, keragu-raguan,
kesulitan, sakit hati, dan keputusasaan.Apa Tujuan Misi/pemberitaan Injil sendiri ?
1.
Keselamatan bagi jiwa-jiwa yang terhilang
Masih banyak jiwa-jiwa yang hidup dalam dosa,
ikatan kuasa kegelapan, dan hidup dalam hukuman. Kita sebagai orang percaya,
merebut, menarik mereka agar luput dari hukuman dan menerima keselamatan (Yohanes
3:16 dan Roma 6:23).
2.
Membangun gereja-gereja
baru (Matius 28:19-20)
Sebuah
buku yang ditulis oleh Peter Wagner menyebutkan bahwa penginjilan yang paling efektif adalah
dengan cara membuka dan membangun gereja merupakan ladang penuaian sekaligus
sarana pendewasaan melalui pola memuridkan agar jiwa-jiwa yang sudah
diselamatkan jangan terhilang/tidak bertumbuh. Dengan membuka gereja baru
berarti proses penuaian sedang berlangsung sehingga setiap orang percaya tidak
hidup hanya untuk kepentingannya sendiri. Tidak ada mustahil bagi Tuhan, dan dalam hati
yang berkobar dalam api misi, pasti dapat dicapai.
- Mempercepat kedatangan Tuhan kedua kali (Matius 24:14)
Saudara
yang rindu mempercepat kedatangan Tuhan Yesus yang ke dua kali harus terjun
dalam misi. Mempercepat
kedatangan-Nya berarti:
a.
Mempersiapkan diri di dalam berjaga-jaga agar
saat itu tiba tidak seperti pencuri bagi kita, tetapi sebagai mempelai. (Matius
24:44)
b.
Mempersiapkan keluarga dan orang banyak untuk
terhindar dari masa aniaya dibumi ini selama 7 tahun. (Matius 24:21-22) Tuhan Yesus Memberkati!. Amin
Komentar
Posting Komentar